Filter
Bahan Bakar
Alat ini membersihkan debu dan air dari
solar untuk melindungi pompa injeksi dan nozzle yang memiliki komponen presisi.
Debu dan air harus dibersihkan dari solar untuk mencegah keausan atau karat
pada pompa injeksi karena pompa injeksi dilumasi oleh solar.
1.
Priming pump
Merupakan pompa manual yang dipakai untuk mengeluarkan udara dari saluran bahan bakar setelah kendaraan kehabisan solar, atau mengeluarkan air yang terkumpul di sedimenter.
Merupakan pompa manual yang dipakai untuk mengeluarkan udara dari saluran bahan bakar setelah kendaraan kehabisan solar, atau mengeluarkan air yang terkumpul di sedimenter.
2. Filter
Bagian ini menyaring kotoran dari bahan
bakar.
3. Sedimenter
Bagian ini memisahkan air dari bahan
bakar.
Ada dua jenis pompa injeksi yang digunakan pada
mesin diesel:
Pompa injeksi mekanikal yang mengatur secara mekanikal volume injeksi dan timing nya.
Pompa injeksi electronic yang menggunakan ECU (Electronic Control Unit) pada sistem EFI-D (Electronic Fuel Injection-Diesel).
Pompa injeksi mekanikal yang mengatur secara mekanikal volume injeksi dan timing nya.
Pompa injeksi electronic yang menggunakan ECU (Electronic Control Unit) pada sistem EFI-D (Electronic Fuel Injection-Diesel).
A. Pompa injeksi
mechanical
B. Pompa injeksi electronic
B. Pompa injeksi electronic
1. Pompa injeksi
2. Nozzle injeksi
3. Timing belt
4. ECU
5. Sensor-sensor
2. Nozzle injeksi
3. Timing belt
4. ECU
5. Sensor-sensor
Pompa injeksi
menekan bahan bakar dan memompa nya menuju nozzle injeksi.
Volume injeksi dan waktu penginjeksian dikontrol secara mekanikal sesuai dengan jumlah usaha yang diberikan ke pedal gas dan kecepatan mesin.
Volume injeksi dan waktu penginjeksian dikontrol secara mekanikal sesuai dengan jumlah usaha yang diberikan ke pedal gas dan kecepatan mesin.
REFERENSI:
•
Tipe-tipe pompa injeksi
Tipe-tipe
pompa injeksi
Ada dua tipe pompa injeksi: Pompa injeksi tipe distributor yang memiliki single pump plunger, yang menaikkan tekanan solar, dan tipe inline yang memiliki pump plunger sebanyak jumlah silinder pada mesin.
Ada dua tipe pompa injeksi: Pompa injeksi tipe distributor yang memiliki single pump plunger, yang menaikkan tekanan solar, dan tipe inline yang memiliki pump plunger sebanyak jumlah silinder pada mesin.
A. Pompa injeksi tipe distribution
Juga
dikenal sebagai "VE* pump", pompa kecil dan ringan ini digunakan pada
mesin kendaraan penumpang dan truk kecil.
*VE: Singkatan dalam bahasa Jerman "Verteiler Einspritz".
*VE: Singkatan dalam bahasa Jerman "Verteiler Einspritz".
B. Pompa injeksi tipe inline
Pompa injeksi tipe inline memiliki
konstruksi yang rumit karena jumlah pump plunger yang banyak. Kebanyakan digunakan pada mesin truk.
1. Bahan bakar
2. Tekanan rendah
3. Pump plunger
4. Tekanan tinggi
5. Nozzle
2. Tekanan rendah
3. Pump plunger
4. Tekanan tinggi
5. Nozzle
gan, artinya Verteiler Einspritz itu apa ya??
BalasHapus